WELCOME TO MY WORLD

Sabtu, 20 November 2010

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris


Ada beberapa tips tentang cara yang mudah dan cepat dalam menguasai Bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris bisa menjadi hal yang SULIT untuk dipelajari tetapi selalu ada Cara cara lain agar mempelajari Bahasa Inggris itu menjadi HAL yang menyenangkan, dan efektif yaitu :

1.      Enjoy Sajalah Dalam Belajar.
Memang sangat sukar untuk mempelajari Bahasa Inggris jika kamu sendiri tidak merasa ENJOY dalam belajar. Bagaimana mungkin kita bisa menikmati nya kalau diri kita sendiri tidak senang atau tidak suka dengan Bahasa Inggris. Oleh karena itu cobalah untuk bersenang senang dengan Bahasa Inggris. Cobalah menganggap belajar sebagai Tantangan daripada sebuah Beban.

2.      Menjadi anggota sebuah Klub Bahasa Inggris.
Memang ini sudah banyak terbukti. Jika kamu punya waktu dan ada kemauan, sebaiknya kamu aktif menjadi salah satu klub Bahasa Inggris yang ada di sekitar mu. Dengan seringnya bertemu dan berlatih dalam Klub Bahasa Inggris tentu akan banyak memberikan kamu kesempatan untuk banyak berlatih dan banyak pengalaman praktek. Selain itu pula dalam suasana yang menyenangkan, kamu bisa dapatkan dari teman teman dalam Klub Bahasa Inggris kamu.

3.      Jadilah Anggota yang Aktif.
Untuk mempelajari Bahasa Inggris cobalah untuk selalu AKTIF dan BERSEMANGAT dalam sesi Berbicara (Speaking) dan banyak berlatih mendengar (listening). Jangan hanya duduk diam termangu menunggu bulan jatuh dipangkuanmu. Jadilah member yang aktif dan selalu bersemangat.

4.      Sudah merasa Mahir?
Beberapa siswa peminat Bahasa Inggris berpikir bahwa semakin cepat gaya (style) dia berbicara Bahasa Inggris di depan umum menandakan dia mahir (fluent). Benarkah demikian?. Jika temanmu terbengong bengong mendengar kan kamu bicara, berarti kamu sama sekali tidak benar benar mahir. Itu saja ukurannya. Mudah sekali bukan?

5.      Hapal Grammar dulu baru NGOMONG.
Banyak yang salah kaprah mengenai konsep belajar yang baik dalam Bahasa Inggris. Selama ini siswa selalu mempunyai pikiran kalau mereka harus benar benar menguasai Gramatika Bahasa Inggris sehingga menjadikan Bahasa Inggris mereka sempurna (perfect). Sadarlah bahwa Bahasa Indonesia kamu saja banyak yang kurang baik, apakah mungkin kamu mengharapkan kesempurnaan serupa dalam Bahasa Inggris?. Bahasa Inggris kamu tidak akan pernah mencapai level Sempurna (Perfect).

Nah berikutnya adalah Tips belajar Bahasa Inggris dari seorang English Teaching Staff di IALF (Indonesia Australia Language Foundation). Siapa tau TIPSnya berguna buat membakar motivasi kamu dalam mempelajari Bahasa Inggris.
Setia minggu dia menerima banyak surat dari para siswa yang menanyakan hal yang sama seperti kepada Kevin Dalton itu tadi. Pertanyaannya masih sama " Apa cara yang mudah dan cepat dalam mempelajari Bahasa Inggris?". Tipsnya yaitu :

1.      Ikut dalam Sebuah Klub Bahasa Inggris atau Klub Diskusi
Para Siswa yang menjadi anggota suatu Kelompok Klub Bahasa Inggris memiliki lebih banyak kesempatan untuk mempraktekan Bahasa Inggris mereka dalam cara yang jauh lebih menarik dan menantang. Para siswa dapat belajar dari siswa lainnya di kelompok Bahasa Inggris tersebut dan juga dapat membantu satu sama lainnya. Taukah kamu bahwa para siswa yang terlibat aktif dalam Klub Bahasa Inggris kemampuannya meningkat lebih cepat dari mereka yang bukan anggota klub bahasa? Nah gabunglah dalam suatu Klub Bahasa Inggris, dan mulailah latihan berbicara

2.      Dengar Siaran Radio atau Program Berita Dalam Bahasa Inggris
Dengan mendengarkan berita-berita dalam Bahasa Inggris di radio tidak saja kita mendapatkan banyak informasi dan berita berharga tetapi juga mendapat kesempatan mendengar lebih banyak bagaimana Bahasa Inggris itu diucapkan, prounounsiasinya serta intonasi pengucapannya dari penyiar radio itu. Proses mendengar dapat menjadi hal yang sulit, tetapi jangan mudah menyerah. Biasakanlah mendengar siaran Radio berbahasa Inggris.

3.      Bacalah Artikel atau Buku Berbahasa Inggris
Jika kamu memilih tips nomor 3 ini yakni Membaca artikel atau Buku Yang Berbahasa Inggris , ingatlah selalu untuk memilih materi bacaan , artikel, buku atau topik yang menarik bagi kamu atau yang sesuai dengan minat yang kamu sukai. Lebih sukar memahami bacaan kalau materi itu tidak kamu sukai. Oleh karena itu pilihlah judul, cerita atau artikel mengenai sesuatu yang sangat kamu sukai. Itu akan membuat proses belajar Bahasa Inggris kamu menjadi lebih enjoy, enak, efektif sekaligus menyenangkan.

4.      Tingkatkan Kosa Kata
Kamu dapat meningkatkan kosa kata atau perbendaharaan Kata Bahasa Inggris dengan melihatnya dalam kamus Bahasa Inggris atau mencatat kata kata baru yang sangat kamu sukai. Cobalah untuk mengetahui artinya, cara membacanya , dan berlatihlah bagaimana membuat sebuah kalimat dengan menggunakan kata itu. Kalau sudah menemukan kata baru, jangan lantas dilupakan begitu saja. Cobalah buka-buka kembali setelah beberapa hari kemudian. Cobalah untuk menggunakannya dalam kalimat atau mempraktekkannya dalam berbicara.


Berikut ini ada lagi tips yang bisa diterapkan dalam belajar bahasa Inggris dalam kondisi yang terbatas untuk mengembangkan pengetahuan kebahasaan (kosa kata dan tata bahasa) dan keterampilan dalam berkomunikasi.
1.    Belajar Unsur Kebahasaan
Yang dimaksud dengan belajar unsur kebahasaan adalah belajar menguasai kosa kata dan struktur bahasa Inggris. Untuk menguasai unsur kebahasaan bahasa Inggris, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.
2.    Membuat Daftar Kosa Kata
Anda dapat membuat kosa kata pada buku kecil. Anda dapat menuliskan 10 kosa kata baru yang Anda temukan setiap harinya di buku kecil tersebut tanpa melupakan kosa kata yang telah dipelajari sebelumnya tentunya. Selain menuliskan arti kata, Anda juga bisa mencantumkan pronunciation-nya atau bagaimana kata-kata itu diucapkan. Karena mungil, buku daftar kosa kata ini dapat dibawa ke mana saja dan dapat dibaca setiap saat seperti ketika menunggu bis atau jemputan, di dalam kendaraan, di saat santai, dan lain sebagainya.

3.    Membuat Kartu Struktur
Anda bisa menggunakan kertas manila dan membuatnya menjadi kartu-kartu kecil. Setelah itu Anda bisa menuliskan rumus-rumus bahasa Inggris seperti tenses dengan contoh kalimatnya. Kertas-kertas tersebut bisa disimpan dalam dompet kecil atau kotak kecil. Kartu struktur ini juga mudah dibawa dan dibaca di mana saja serta kapan saja.

4.    Membaca Majalah, Koran, Dan Cerita-Cerita Berbahasa Inggris
Buku, koran maupun majalah berbahasa Inggris merupakan sumber belajar bahasa Inggris. Dengan membaca artikel atau cerita dari buku cerita, majalah, maupun koran berbahasa Inggris, Anda bisa meningkatkan kemampuan membaca sekaligus memperkaya pengetahuan akan bahasa Inggris Anda. Namun demikian, bacaan-bacaan bahasa Inggris yang dibaca hendaknya teks-teks dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda. Teks yang terlalu mudah cenderung tidak meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, sementara bacaan yang terlalu sulit dapat menjadikan Anda frustasi. Dengan demikian, Anda perlu mendapatkan teks yang tidak terlalu mudah tetapi tidak terlalu sulit. Teks yang demikian dapat Anda pahami dengan relatif mudah dan meningkatkan kemahiran bahasa Inggris Anda karena teks tersebut mengandung kosa kata, struktur, dan ekspresi-ekspresi yang belum Anda kenal sebelumnya.

5.    Belajar Berkomunikasi
Selain belajar pengetahuan kebahasaan, untuk dapat sukses belajar bahasa Inggris, Anda harus sesering mungkin mempraktikkan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari baik secara lisan maupun tertulis. Ada sejumlah tips yang bisa dicoba untuk melatih kemampuan berkomunikasi Anda dalam bahasa Inggris.

6.    Mendengarkan/Menyaksikan Acara Berbahasa Inggris Di Radio/TV
Sekarang banyak Radio dan stasiun TV yang menyelenggarakan acara-acara interaktif dalam bahasa Inggris. Anda bisa bergabung dalam acara itu dengan mendengarkan atau menelepon dan berbicara dengan penyiar dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara Anda.

7.    Membuat Speaking Club
Anda bisa mengajak teman-teman untuk membentuk English Speaking Club. Yang dibahas dalam kegiatan ini bisa berasal dari topik-topik yang sedang in atau masalah-masalah yang dihadapi di sekolah, rumah, dll. Jika dilakukan di sekolah, Anda bisa meminta bantuan guru bahasa Inggris Anda untuk menjadi pembimbing dan sekaligus sebagai pemonitor bahasa Anda.

8.    Membuat Majalah Dinding Bahasa Inggris
Untuk dapat melatih kemampuan menulis, Anda bisa menulis artikel yang nantinya dipajang pada majalah dinding. Tentu saja Anda bisa menuangkan pikiran Anda dalam bentuk artikel, tips, puisi, cerita, humor, dll. Selain kemampuan menulis Anda terasah dan bakat Anda terlatih, nama penulis kan terpampang di mading.

9.    Menulis Buku Harian Dalam Bahasa Inggris
Tidak semua orang diciptakan sebagai orang yang extrovert alias orang yang gaul dan bisa cas cis cus dengan mudah sama orang lain. Ada juga tipe orang introvert yang cenderung pendiam namun bukan berarti ia tidak punya kemampuan. Nah, bagi Anda si tipe introvert alias pendiam, Anda bisa juga menuangkan pikiran, ide, gagasan, curahan hati (bagi yang patah hati kali ya!), dan uneg-uneg Anda yang lain (misalkan habis dapat nilai jelek, nggak bisa mengerjakan soal di papan tulis, dll) atau kebahagiaan Anda (seperti ketika fallin’ in love with someone) dalam buku harian, dengan bahasa Inggris tentunya. Selain tidak malu dibaca dan ditertawakan teman, kemampuan menulis bahasa Inggris Anda pun meningkat.

10. Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris Di Radio Dan Tv
Bagi Anda yang music mania, don’t worry, be happy. Musik pun bisa menjadi salah satu sarana yang OK buat belajar bahasa Inggris. Selain dapat menikmati syair dan lirik lagu favoritmu, Anda juga bisa melatih kemampuan mendengarkan, melafalkan bahasa Inggris Anda sekaligus memperluas kosa kata bahasa Inggris Anda.

Selain tips tersebut di atas, ada dua hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa berkomunikasi dengan lancar. Pertama, jangan takut membuat kesalahan ketika belajar maupun berbicara. Membuat kesalahan dalam proses belajar bahasa adalah suatu hal yang wajar dan hal itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses belajar. Ke dua, jangan menjadikan keterbatasan kosa kata sebagai kendala yang menghalangi Anda untuk berbicara. Anda masih bisa menggunakan isyarat/gerak untuk memperjelas maksud Anda jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan kata-kata untuk mengutarakan maksud Anda.

Bagaimana? Ternyata tidak terlalu sulit kan untuk bisa belajar bahasa Inggris dalam keterbatasan sarana? Kuncinya adalah niat dan kemauan. Pepatah mengatakan “Di mana ada kemauan, di situ ada jalan atau istilah kerennya “When there is a will, there is a way”. Jadi, kenapa tidak mulai dari sekarang saja Anda belajar bahasa Inggris? Masih ingat kan password untuk sukses belajar bahasa inggris. Ya, niat dan kemauan. Kalau ada keduanya semuanya akan menjadi lebih mudah. “Banyak jalan menuju Roma” dan tentunya “banyak cara buat sukses belajar bahasa Inggris”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar